Cara Bayar Pajak Kendaraan di Aplikasi SAMBARA

Cara Bayar Pajak Kendaraan di Aplikasi SAMBARA – Postingan awal di tahun 2019 ini saya akan coba memberikan pengalaman membayar pajak kendaraan bermotor dari aplikasi SAMBARA. Aplikasi SAMBARA (Samsat Mobile Jawa Barat) adalah sebuah aplikasi mobile yang dikembangkan oleh BAPENDA Jawa Barat untuk mempermudah berbagai keperluan yang berhubungan dengan administrasi suatu kendaraan bermotor.

Beberapa fitur yang ada di aplikasi SAMBARA diantaranya; Info PKB, Informasi Pelayanan Samsat, Jadwal Samsat Keliling dan lain sebagainya.

Bagaimana cara membayar pajak kendaraan dari aplikasi SAMBARA?

Pertama kita harus unduh terlebih dan pasang aplikasi SAMBARA melalui Google Play Store. Buka aplikasi SAMBARA dan pilih menu “Info PKB”. Lalu masukkan nomor Plat Kendaraan Bermotor (PKB). Dibagian bawah kolom PKB, akan muncul pilihan Hitam, Merah, Kuning. Maksudnya adalah apa jenis warna nomor PKB kendaraan. Hitam adalah kendaraan pribadi, Merah adalah kendaraan dinas pemerintah, Kuning adalah kendaraan umum.

Setelah nomor PKB dimasukkan disertai warna jenisnya, maka nanti akan muncul informasi seputar kendaraan dan informasi pejak kendaraan dan PNBP. Nanti di bagian bawah akan muncul sebuah notifikasi “Lanjut Daftar Online?”. Jika kita akan melakukan pembayaran pajak kendaraan, pilih opsi “Ya”.

Setelah itu akan muncul halaman Daftar yang berisikan kolom No KTP / NPWP dan No Rangka (5 Digit Akhir). Masukkan nomor KTP sesuai yang terdaftar di STNK dan 5 Digit Akhir dari nomor rangka kendaraan (ada di STNK juga). Setelah nomor KTP dan 5 Digit Akhir nomor rangka telah benar, maka akan muncul Kode Bayar. Kode bayar inilah yang nanti kita gunakan sebagai kode untuk membayar pajak kendaraan.

Pembayaran sendiri bisa dilakukan melalui ATM Bank BJB, mini market seperti Indomaret / Alfamart dan website e-commerce seperti Tokopedia dan Bukalapak.

Di sini saya telah mencoba membayar pajak kendaraan melalui Tokopedia. Di website Tokopedia pilih saja menu Pembayaran & Top Up lalu pilih E-Samsat. Masukkan Kode Bayar yang telah didapatkan. Setelah itu akan muncul berapa biaya yang harus kita bayarkan kemudian ikuti petunjuk-petunjuk yang muncul hingga proses pembayaran selesai dilakukan.

Setelah proses pembayaran selesai selanjutnya kita akan mendapatkan email notifikasi mengenai status pembayaran. Silahkan print email tersebut lalu siapkan foto copy STNK (dan asli) dan foto copy KTP (dan asli) yang NIK nya sama dengan di STNK untuk dibawa ke kantor Samsat dan dilakukan pengesahan maksimal 30 hari setelah pembayaran. Jika pembayarannya melalui ATM ataupun mini market, simpan dan bawa struk bukti pembayarannya.

Setelah bayar apakah harus tetap ke kantor Samsat?

Iya betul, sebab STNK tetap harus disahkan oleh pihak Samsat walaupun di sistem Samsat pajak kendaraan kita sudah dibayarkan / diperpanjang masa aktifnya. Sebab kalau ada razia kendaraan di jalan, pihak kepolisian lihatnya surat-surat kendaraan yang telah disahkan.

Itulah sedikit cerita mengenai informasi dan pengalaman saya melakukan pembayaran pajak kendaraan melalui aplikasi SAMBARA dan membayarnya di Tokopedia. Semoga informasi ini bermanfaat.

You May Also Like

About the Author: ANGGA D. PERDANA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *